Sejarah dan Asal Usul Gulat, Atau Yang Biasa Disebut Wrestling

Oleh : ftrrahman | 2022-03-26 10:31:33

Jejak nyata pertama perkembangan gulat berasal dari zaman Sumeria, 5000 tahun yang lalu. Epik Gilgames yang ditulis dalam huruf paku, pahatan dan relief rendah, adalah banyak sumber yang mengungkapkan kompetisi wasit pertama, disertai dengan musik. Ada juga banyak jejak sejarah dan arkeologi gulat di Mesir Kuno. Di antara mereka, perlu disebutkan secara khusus gambar-gambar yang ditemukan di makam Beni-Hassan yang mewakili 400 pasangan pegulat. Gambar-gambar ini, serta banyak sisa lainnya, menyaksikan keberadaan perusahaan pegulat di Mesir Kuno, aturan gulat, dan kode wasit.
Bagi orang Yunani, gulat adalah ilmu dan seni ilahi, dan itu mewakili pelatihan paling penting bagi para pemuda. Atlet bergulat telanjang, dengan tubuh mereka dilapisi dengan minyak zaitun dan ditutupi dengan lapisan pasir yang sangat tipis untuk melindungi kulit dari sinar matahari atau dari dingin selama musim dingin.
Selama Olimpiade Kuno, dari 708 SM, gulat adalah disiplin yang menentukan dari Pentathlon. Faktanya, itu adalah disiplin terakhir yang diadakan – setelah diskus, lembing, lompat jauh, dan lari kaki – dan ini menetapkan pemenang Pentathlon, satu-satunya atlet yang dinobatkan sebagai Olimpiade. Yang paling terkenal dari semua pegulat adalah Milon of Croton (murid filsuf Pythagoras), enam kali juara Olimpiade (dari 540 hingga 516 SM), sepuluh kali pemenang Isthmic Games, sembilan kali pemenang Nemean Games, dan lima kali pemenang dari Permainan Pythic
Federasi Internasional pertama untuk pengembangan gulat dan angkat berat didirikan di Duisburg pada tahun 1905 oleh Deutsche Athleten-Verband (DAV). Sebuah komite kemudian dibuat, terdiri dari anggota berikut: Mr Monticelli (ITA), saudara van Elst (NED), Mr Koettgen (GER) dan Mr Stolz (GER). Tujuan Federasi adalah untuk mengatur organisasi Kejuaraan Dunia.
Persatuan Pegulat Internasional pertama (Verband Ring Internasional) dibentuk pada malam Olimpiade di Stockholm pada tahun 1912. Panitia penyelenggara Olimpiade mempercayakan Federasi Atletik Swedia dengan organisasi kongres untuk menyusun statuta dan aturan badan internasional. Dua orang Hongaria terpilih untuk sementara : Dr. Péter Tatits sebagai Presiden dan Mr. Mor Csanadi sebagai Sekretaris Jenderal. Diputuskan bahwa kongres pertama Persatuan Pegulat Internasional akan diadakan di Berlin pada tahun 1913. Penunjukan "Kongres Pertama" hanyalah formalitas belaka, karena kongres konstituen Persatuan Pegulat telah berlangsung di Stockholm.
Tags : Wrestling