breaking news New

Kuliner Khas Pacitan Yang Membuat Kamu Terkesan

Pacitan adalah salah satu Kota di Jawa Timur yang dikenal dengan kuliner lezatnya. Berbagai macam kuliner disajikan dengan tampilan yang menggugah selera. Kuliner tersebut juga menciptakan aroma yang sangat menggoda sehingga siapapun bisa tergiur dengan minuman dan makanan khas Pacitan.

Kuliner disana juga cukup populer, tidak hanya dimata warga setempat, tetapi juga wisatawan luar kota maupun mancanegara. Tak heran, karena cita rasa yang diberikan oleh kuliner khas Pacitan tidak pernah mengecewakan pengunjung. Hidangan hidangan itu juga sangat disukai semua kalangan, sehingga kamu bisa mengajak seluruh keluarga besarmu untuk makan bersama di satu tempat makan yang sama.

Berbagai kuliner disajikan dengan bumbu yang khas dan identik dengan Kota Pacitan. Berikut ini beberapa kuliner khas Pacitan yang membuat terkesan.

1. Jadah Bakar

Apakah kamu asing dengan nama dari makanan ini? Sesuai dengan namanya, makanan ini adalah Jadah yang biasa kamu temukan di daerah lain, hanya saja yang ini dibakar. Menciptakan sensasi gurih dan manis yang berasal dari gula pasir.

Jadah terbuat dari ketan sebagai bahan dasarnya. Kamu bisa sangat mudah menemuinya di seluruh area Pacitan, terutama sekitaran Alun Alun Pacitan. Ternyata jajanan ini tidak hanya digemari oleh orang dewasa loh! Makanan ini juga sangat disukai oleh anak anak. Itulah mengapa makanan ini cocok juga untuk dijadikan oleh oleh untuk orang tersayang.

2. Tahu Tuna

Jika di tempat lain kamu sudah banyak menemukan Tahu Goreng, Tahu Bulat, Tahu Bakso atau Tahu Siomay, namun apakah kamu pernah mencicipi Tahu Tuna? Nah, Pacitan punya makanan unik ini yang patut kamu coba ketika kamu sedang berwisata atau berjalan jalan disana.

Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini adalah tahunyang berisikan ikan tuna yang sudah dihaluskan atau sudah diolah dengan berbagai macam bumbu khas. Jika dilihat dari tampilannya, makanan ini cukup mirip dengan Tahu Bakso hanya saja sebetulnya bahan isiannya berbeda.

Kuliner ini cukup mudah dijumpai di beberapa toko oleh oleh atau warung makan di seluruh Pacitan. Beberapa wisatawan yang penasaran juga mencicipnya dan menjadikannya oleh oleh untuk orang tersayang. Harga yang dibanderol juga cukup murah, hanya sekitar Rp 10.000 saja perbungskunya.

3. Thiwul

Ini dia makanan populer di Pacitan yang menciptakan rasa cukup manis dan dijamin membuatmu ketagihan. Hidangan ini dijadikan sebagai pengganti nasi oleh warga Jawa Timur. Jajanan ini sangat cocok untuk kamu yang sedang berdiet karena mengandujg kalori yang lebih rendah daripada nasi.

Terbuat dari ketela pohon atau gaplek yang sudah dikeringkan, Thiwul menciptakan warna yang sedikit kecokelatan. Makanan ini cukup lezat apabila dihidangkan bersama sambal bawang atau sambal terasi.


Nah, itu dia 3 kuliner khas Pacitan yang patut kamu coba. Harganya yang terjangkau dan rasanya yang lezat dijamin bikin nagih!