Munculnya Penemuan Teknologi Terbaru Buatan Manusia yang Luar Biasa !

Ilustrasi penemuan teknologi terbaru Ilustrasi penemuan teknologi terbaru

Sampai detik ini, pastinya kalian sudah banyak sekali mendengar maupun membaca berbagai macam hal terkait dengan dunia teknologi yang canggih dalam bacaan fiksi. Mungkin menurut pemikiran kalian, teknologi keren seperti itu terlihat mustahil untuk bisa diwujudkan secara real dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya, pemikiran kalian salah ! 

Dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak sudah insinyur dan para ilmuwan dari seluruh negara di dunia ini sudah membuat begitu banyak hal yang dulunya dianggap mustahil, kini menjadi real dan bisa dipergunakan oleh manusia pada umumnya. Kira-kira, ada teknologi apa saja sih yang terhitung canggih dan sudah pernah dibuat oleh para ilmuwan ini ? berikut adalah penemuannya yang sudah kami kutip dari berbagai situs, salah satunya dari idntimes. 

Penemuan Teknologi Bernama Large Hadron Collider

Bagi yang belum tahu apa itu Large Hadron Collider, ini merupakan sebuah terowongan bawah tanah yang mana memiliki panjang mencapai 17 mil. Letaknya sendiri berada di antara perbatasan Prancis dan Swiss. Large Hadron Collider sendiri menjadi salah satu pekerjaan rekayasa terpenting yang pernah dilakukan oleh manusia. Tujuan dibangunnya penemuan ini yakni demi bisa menghancurkan berbagai macam partikel secara bersamaan pada penggunaan kecepatan yang tinggi, semuanya demi bisa memahami seperti apa sifat asli dari kenyataan itu sendiri. 

Mesin penemuan ini sudah beroperasi sejak tahun 2008, dan dirancang serta dibangun oleh lebih dari 10.000 ilmuwan, insinyur, dan para ahli profesional lainnya di dunia ini. Berapakah kira-kira biaya pembangunan atas penemuan ini ? kurang lebih mereka semua menghabiskan dana lebih dari $10 miliar ! Maka dari itu, wajar saja jika Large Hadron Collider menjadi salah satu mesin penemuan teknologi termahal yang pernah dibuat oleh manusia. Dari pertama kali pengoperasiannya, mesin ini nyatanya sudah berhasil memberikan kontribusi penting serta mendasar dalam bidang fisika teoretis. 

Penemuan Teknologi Bernama Artificial Intelligence atau AI

Teknologi satu ini lebih dikenal sebagai sebuah kecerdasan buatan yang mana pertama kali diciptakannya sudah dari tahun 1956. Namun pada masanya, teknologi ini masih terhambat oleh kurangnya kekuatan di saat melakukan pemrosesan dan memiliki keterbatasan lainnya. Akan tetapi, seiring dari perkembangan teknologi yang semakin cepat, kecerdasan buatan pun semakin mudah dikembangkan lagi menjadi suatu hal yang penuh akan inovatif. 

Tentu saja ini semua berkat proliferasi unit pemrosesan grafis yang begitu kuat, memiliki pembelajaran mesin yang akurat, serta memunculkannya big data di dalamnya. AI sendiri sudah dikenal dalam melakukan renovasi di berbagai bidang, misalnya : bidang kedokteran, bidang logistik, bidang penelitian luar angkasa, bidang pemasaran, dan rata-rata hampir semuanya pasti melibatkan penguraian dari banyaknya data. Namun sangat disayangkan, AI justru dimanfaatkan untuk kondisi peperangan dalam dunia militer di seluruh dunia. Dimana tiap negara saat ini senantiasa mengembangkan alat perang yang mumpuni untuk persiapan perang di masa mendatang. 

Penemuan Terbaru 4D Teknologi

Sebelumnya kalian pasti sudah pernah mendengar atau mengetahui tentang dunia percetakan 3D. Nah, teknologi yang satu ini bisa dikatakan sebuah konsep revolusioner yang sudah berhasil digunakan dalam berbagai macam aplikasi dan saat ini sudah dikenal sebagai Teknologi 4D. Untuk teknologinya sendiri diperkirakan memiliki kemungkinan dalam mencetak organ hidup atau bahkan makhluk hidup juga bisa. Lalu beberapa bahan 4D juga disebut sebagai salah satu bahan pintar karena, sudah dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir ini. Contohnya : plastik yang nantinya mampu menghilangkan rasa kehausan dan membuat plastik dapat digunakan kembali tanpa adanya pembatas dalam penggunaannya. 

Penemuan Teknologi Mind-Controlled Prosthetics

Penemuan kali ini bisa dikatakan menjadi salah satu pencapaian rekayasa terbesar sepanjang masa. Mengapa demikian ? karena penemuannya sendiri begitu berharga bagi sebagian orang yang mana memiliki kekurangan atau cacat fisik, misalnya ada salah satu anggota tubuhnya yang tidak lengkap. Mind-Controlled Prosthetics sendiri menjadi penemuan yang kedepannya bisa dikendalikan oleh sebuah pikiran penggunanya.

Teknologinya sudah dikembangkan oleh para ilmuwan Swedia dan dinilai berhasil dihubungkan langsung ke bagian saraf, otot, serta kerangka setiap pasiennya. Sehingga memungkinkan sekali bagi mereka untuk jauh lebih banyak dalam mengontrol jari dan juga pergelangan tangan mereka daripada sebelumnya. Informasi yang kami dapatkan saat ini, alatnya sendiri sudah aktif digunakan oleh 3 pasien di Swedia dan tidak harus memerlukan perawatan maupun pengawasan tambahan oleh tim profesional di bidang medis dalam penggunaannya.